Pakai Lampu Rotator dan Sirine, Aki Mobil Bisa Cepat Soak

Aditya Maulana - Jumat, 18 November 2016 | 18:20 WIB

Jakarta, Otomania - Masih banyak pengguna mobil yang menggunakan aksesori tambahan seperti lampu rotator dan sirine. Padahal, secara aturan dilarang karena kerap meresahkan pengguna mobil lain, terutama ketika jalan macet.

Lantas, secara teknis bagaimana mengenai ketahanan aki buat mobil yang pakai aksesori tambahan seperti itu?

Menurut General Manager Technical Service Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi, setiap menggunakan aksesori tambahan yang menambah beban listrik, maka pengaruhnya sudah jelas, yaitu bisa aki bisa cepat habis atau soak.

"Jadi harus pakai lagi daya atau kapasitas aki yang lebih besar dari standarnya," ujar Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, Jumat (18/11/2016).

Baca: Waspada Pasang Sirene dan Rotator Pada Mobil

Dadi melanjutkan, efek lainnya tidak ada lagi. Namun, jika tetap dipaksakan menggunakan aki standar, maka kemungkinan mobil tida bisa menyala cukup besar, karena tidak ada sumber listrik dari aki.

Nah, buat Anda yang masih menggunakan aksesori tambahan sejenis itu, apakah sudah melakukan hal itu? Tetapi, sebaiknya dilepas karena menurut peraturan dilarang dan akan ditilang jika diketahui polisi di jalan raya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa