Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bio Solar Terkontaminasi Air, Pertamina Siap Ganti Rugi

Stanly Ravel - Rabu, 16 November 2016 | 07:44 WIB

Jakarta, Otomania - Pertamina sudah menemukan penyebab adanya kandungan air dalam Bio Solar. Masalah ini disebabkan pada FAME yang terkontaminasi air laut pada saat proses pengiriman melalui kapal.

Baca: Penjelasan Pertamina Soal Solar Tercampur Air

Selain melakukan proses investigasi, Pertamina juga menarik produk Bio Solar yang terkontaminasi dari SPBU. Bahkan, sampai melakukan langkah penanggulangan berupa perbaikan atas kerugian konsumen.

Wianda Pusponegoro, Vice President Coporate Communication PT Pertamina, menjelaskan bahwa pihaknya melakukan proses standard operating procedure (SOP) berupa pemeriksaan dan penanggulangan akan potensi yang dialami konsumen dan masyarakat.

"Pertamina melakukan upaya untuk meminimalisir kerugian yang dialami konsumen. Akan ada ganti rugi BBM serta onderdil kendaraan yang menggalami gangguan akibat penggunaan Bio Solar terkontaminasi," ucap Wianda kepada Otomania di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Menurutnya, sejak Jumat hingga Sabtu malam (12-13/11/2016) pihaknya sudah banyak melayani pengurasan tangki mobil konsumen. Setelah Bio Solar dikuras, konsumen langsung mendapat ganti Solar murni.


Untuk mekanismenya cukup mudah, konsumen yang merasa telah mengisi bahan bakar di SPBU terkait bisa langsung kembali untuk melakukan pengecekan. Bila memang tercampur maka akan dilakukan proses penanggulangan tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Sebelumnya diketahui bahwa ada 26 SPBU yang ikut terkena dampaknya, namun dikabarkan beberapa SPBU sudah mulai akitf menjual kembali setelah dilakukan proses pembersihan.

"Pertamina secara khusus meminta maaf kepada konsumen yang telah dirugikan. Ke depannya kami akan berupaya mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali," kata Wianda.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa