Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berapa Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir?

Aditya Maulana - Senin, 31 Oktober 2016 | 16:50 WIB

Jakarta, Otomania - Beberapa daerah di Indonesia belakangan ini sering diguyur hujan. Bahkan, intensitasnya cukup tinggi sehingga menimbulkan genangan air, bahkan hingga banjir.

Mobil yang terendam banjir seperti itu sudah pasti biaya perbaikannya cukup mahal. Sebab, banyak komponen yang harus diganti, baik luar maupun dalam.

Lantas berapa estimasi biaya perbaikan di bengkel resmi? General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi mengatakan sangat sulit memprediksi besaran biaya yang harus dikeluarkan konsumen.

"Sebab, jenis kerusakan dan perbaikan untuk setiap mobil berbeda-beda," kata Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, akhir pekan lalu.

Dadi melanjutkan, kondisi mobil tersebut harus dilihat oleh mekanik. Dirinci dahulu apa saja yang terendam dan kerusakannya, setelah itu coba diperbaiki, atau kemungkinan diganti.

"Jadi memang harus dibawa ke bengkel dulu karena akan ada yang diganti atau diservis. Jumlahnya juga berbeda-beda tergantung seberapa parah mobil itu terendam," ujar Dadi.

Sementara itu, Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda Jakarta Timur, menambahkan, biayanya tergantung tingkat kerusakan. Sebab, bengkel juga melihat dari seberapa parah mobil itu terendam banjirnya.

"Kalau untuk Avanza, estimasi harga keringkan karpet dan brake clean serta adjust sekitar Rp 2 jutaan," ujar Saiful kepada Otomania melalui pesan singkat, Senin (31/10/2016).

Menurut dia, jika kerusakannya sudah sampai ke sektor mesin maka biaya yang dikeluarkan cukup besar. Estimasinya bisa sekitar Rp 25 jutaan.

"Kondisinya bila memang air sudah masuk dan kondisi crankshaft sudah tidak bisa diputar," kata Saiful.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa