Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertolongan Pertama Ketika Mobil Terendam Banjir

Aditya Maulana - Kamis, 27 Oktober 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania - Musim hujan sedang melanda beberapa wilayah Indonesia. Situasi yang paling dikhawatirkan adalah banjir, karena bisa menyebabkan kehilangan atau kerusakan barang, termasuk kendaraan roda dua atau empat.

Seperti yang terjadi di Bandung belakangan ini. Banyak mobil yang terendam banjir, bahkan hingga terbawa arus. Jika sudah seperti itu, kerugian material sudah jelas, karena biaya servisnya mahal.

Menurut General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi, tidak ada kata kompromi bila mobil terendam banjir. Jadi, usai terkena banjir langkah pertama pemilik harus mencabut aki.

"Langsung cabut akinya, dan jangan di apa-apakan lagi, kalau bisa langsung derek ke bengkel," kata Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, Selasa (25/10/2016).

Dadi melanjutkan, mobil yang sudah terendam banjir apalagi sampai ke atap maka tidak bisa diservis sendiri. Pemilik mobil harus membutuhkan tenaga dari montir di bengkel resmi atau umum.

"Sampai di bengkel, minta segera diambil tindakan, agar tidak timbul masalah kelanjutannya akibat banjir itu, misalnya karat dan lain sebagainya," ujar Dadi.

Selanjutnya, kata Dadi, selain mesin sektor kabin termasuk jok dan karet menjadi prioritas penting. Sebab, jika tidak akan timbul masalah selanjutnya, seperti bau yang kurang sedap.

"Jadi benar-benar harus bersih, agar tidak ada masalah baru yang muncul pasca banjir," kata Dadi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa