Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkendara Musim Hujan, Kondisi Motor Harus "Sehat"

Aditya Maulana - Senin, 17 Oktober 2016 | 17:05 WIB

Jakarta, Otomania - Mengendarai sepeda motor saat hujan lebih sulit ketimbang cuaca cerah. Tingkat konsentrasi pengendara harus lebih tinggi, sebab selain jalanan menjadi basah, badan juga menjadi cepat lelah

Namun, ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu memperhatikan kondisi motor. Umumnya, "kuda besi" harus dalam kondisi layak jalan agar terhindar dari persoalan buruk.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) menjelaskan, bikers wajib mengecek kondisi motor sebelum berangkat. Sebab, ketika di tengah jalan hujan turun, maka sudah siap melanjutkan perjalanan.

Berikut tips dari Edo kepada Otomania melalui pesan singkat, akhir pekan lalu:

- Kondisi ban bagus
Paling penting adalah ban, karena ban yang bagus daya cekramnya lebih baik ke permukaan aspal. Usahakan, kembangnya masih ada, agar motor tidak licin.

- Kondisi rem
Tak kalah pentingnya adalah rem yang juga harus maksimal. Sebab, jika tidak menjadi mudah tergelincir. Periksa kampas dan fungsinya sebelum memulai perjalanan.

- Lampu menyala
Semua lampu wajib dalam kondisi menyala. Mulai lampu utaman, rem, hingga lampu isyarat. Ketika hujan, cahaya lampu utama bisa membantu pengguna jalan lain untuk mengetahui kehadiran pemotor.

"Beberapa hal itu harus diperhatikan pengguna motor ketika berkendara saat kondisi hujan," kata Edo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa