Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Lampu Motor dan Kaca Helm pada Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 7 September 2016 | 08:57 WIB

Jakarta, Otomania — Salah satu bagian penting dalam berkendara sepeda motor adalah hadirnya visibilitas yang baik. Kemampuan ini hadir dari beberapa komponen, seperti kaca helm dan juga lampu utama yang jauh dari kotoran.

Cuaca hujan yang belakangan ini hadir membuat perhatian kepada kedua komponen ini harus lebih ekstra. Air hujan dapat membuat bercak yang mengganggu pandangan saat berkendara.

"Problem utama sebenarnya ada pada komponen berbahan plastik transparan, seperti pada kaca helm dan lampu-lampu. Biasanya kena cipratan air, timbul bercak, apalagi cuaca hujan," ucap Tomi dari Gladia 4 Motor Jatiwaringin saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Bercak ini akan sulit dihilangkan dan menimbulkan gangguan pandangan jika tidak segera dibersihkan. Khusus untuk lampu utama, timbunan bercak air hujan akan membuat suhu di dalam rumah lampu menjadi panas dan akhirnya membuat lampu berkabut.

Solusinya cukup sederhana, yakni dengan segera membersihkan sepeda motor serta kaca helm setelah digunakan saat hujan. Copot kaca helm dan bersihkan dengan air sabun, lap, dan keringkan. Untuk lampu-lampu, bersihkan dengan disiram air, tambahkan air sabun, lap, dan keringkan.

"Jika sudah kering, jangan langsung dilap dengan kain basah, baiknya tetap diguyur air agar permukaan kaca helm dan lampu tidak tergores kotoran. Harus rajin-rajin bersihkan," ucap Tomi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa