Bersihkan Lampu Motor dan Kaca Helm pada Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 7 September 2016 | 08:57 WIB

Jakarta, Otomania — Salah satu bagian penting dalam berkendara sepeda motor adalah hadirnya visibilitas yang baik. Kemampuan ini hadir dari beberapa komponen, seperti kaca helm dan juga lampu utama yang jauh dari kotoran.

Cuaca hujan yang belakangan ini hadir membuat perhatian kepada kedua komponen ini harus lebih ekstra. Air hujan dapat membuat bercak yang mengganggu pandangan saat berkendara.

"Problem utama sebenarnya ada pada komponen berbahan plastik transparan, seperti pada kaca helm dan lampu-lampu. Biasanya kena cipratan air, timbul bercak, apalagi cuaca hujan," ucap Tomi dari Gladia 4 Motor Jatiwaringin saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Bercak ini akan sulit dihilangkan dan menimbulkan gangguan pandangan jika tidak segera dibersihkan. Khusus untuk lampu utama, timbunan bercak air hujan akan membuat suhu di dalam rumah lampu menjadi panas dan akhirnya membuat lampu berkabut.

Solusinya cukup sederhana, yakni dengan segera membersihkan sepeda motor serta kaca helm setelah digunakan saat hujan. Copot kaca helm dan bersihkan dengan air sabun, lap, dan keringkan. Untuk lampu-lampu, bersihkan dengan disiram air, tambahkan air sabun, lap, dan keringkan.

"Jika sudah kering, jangan langsung dilap dengan kain basah, baiknya tetap diguyur air agar permukaan kaca helm dan lampu tidak tergores kotoran. Harus rajin-rajin bersihkan," ucap Tomi.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X