Perhatikan Kondisi Karet Tutup Tangki Motor

Stanly Ravel - Senin, 17 Oktober 2016 | 16:38 WIB

Jakarta, Otomania - Karet sil pada tutup tangki sepeda motor memiliki fungsi yang tidak boleh dianggap enteng. Kegunaannya adalah untuk melindungi air masuk ke dalam yang merembes dari permukaan tangki.

Seiring penggunaan motor, karet tutup tangki bisa mengalami kerusakan. Baik akibat terkena cairan bahan bakar atau getas karena suhu yang berubah-ubah.

"Kebanyakan tidak sadar kalau karet sudah rusak. Kondisi yang tidak maksimal membuat fungsinya menjaga celah air masuk ke dalam tangki tidak berjalan, hal ini berbahaya saat sedang mencuci motor atau ketika sedang diguyur hujan," ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Sabtu (15/10/2016).

Slamet menjelaskan, bila motor sudah berusia pakai lebih dari tiga tahun baiknya pemilik harus memantau kondisi karet. Apalagi untuk motor-motor sport yang memiliki tutup tangki di luar dan langsung terkena imbas air dan panas matahari.

Untuk proses pergantian sebenarnya tidak sulit, tinggal lepas pasang saja. Sedangkan mengenai harga, umumnya dibandrol mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000, tergantung jenis motornya.

"Untuk motor yang sudah tahunan mungkin karet akan menempel di permukaan tangki, jadi saat dilepas perlu di congkel dengan obeng. Jangan ditunda kalau sudah rusak, bisa bahaya kalau sampai air masuk ke dalam," ujar Slamet.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa