Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Fungsi Lekukan pada Tangki

Stanly Ravel - Sabtu, 21 Mei 2016 | 09:52 WIB

Jakarta, Otomania - Tangki bensin pada sepeda motor laki biasanya memiliki desain lekukan pada bagian sisi. Semakin modern bentuk mulai bervariasi, yang perlu diketahui, desain tersebut memiliki fungsi bukan hanya sekadar pemanis tampilan saja.

"Lekukan di samping tangki motor didesain sebagai salah satu perangkat penunjang berkendara. Fungsinya sebagai dudukan lutut untuk menekan saat bermanuver dan menjempit ketika melakukan hard breaking," ucap Muhamad Adi Sucipto salah satu pemenang instruktur safety riding Honda yang akan berlaga di Jepang mengikuti kelas big bike 750 cc kepada Otomania, Rabu (18/5/2016).

Menurutnya, lekukan untuk motor sport atau beberapa motor touring berfungsi untuk membantu mengendalikan motor saat melakukan manuver seperti menikung. Dengan menekan ringan ke bagian tangki, maka motor akan lebih maksimal dikendalakan.

Sedangkan saat melakukan pengereman mendadak, dengan kedua kaki menjepi tangki maka memudahkan pengendara untuk mengontrol motor. Melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi umum membuat bagian belakang motor akan melintir ketika rem di tekan habis. Saat lutut menekan erat di tangki dan posisi badan tetap condong ke bagian belakang akan lebih mudah mengendalikan liarnya goyangan motor.


Mengingat dari fungsinya tersebut, Adi menyarankan untuk memilih motor sesuai dengan ukuran badan, dengan demikian posisi lekukan tangki bisa bisa difungsikan secara maksimal oleh kedua lutut.

"Cara memastikan yang pas adalah dengan memastikan lutut bisa menjempit tepat di lekukan tangki. Selain itu, khusus untuk motor modifikasi yang mengganti tangki, pastikan tetap ada lekukan karena fungsinya sangat membantu," papar Adi.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa