Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahaya Biarkan Kaliper Rem Cakram Kotor

Stanly Ravel - Kamis, 24 Maret 2016 | 07:32 WIB

Jakarta, Otomania - Pengereman cakram memang terbukti lebih baik dari sistem tromol. Meski demkian bukan berarti sempurna, posisi kaliper cakram pada sepeda motor yang berada di ruang terbuka membuatnya rentan dengan kotoran dan debu, apalagi di musim hujan.

Slamet Pamuji dari bengkel Selta Motor di Condet Raya mengatkan, kondisi kaliper yang kotor juga bisa menggores permukaan cakram, apalagi kotorannya memiliki sifat meterial keras seperti kerikil.

"Kotoran yang melekat pada kaliper itu bisa dari mana saja, kalu musim hujan saat terkena genangan air di jalan bisa saja kemasukan pasir atau gram-gram bekas aspal" ucap Slamet kepada Otomania, Minggu (20/3/2016).

Bila pemilik motor tidak sadar dan malas membersihkan, lama kelamaan kotoran pada bagian luar kaliper bisa masuk kerena permukaan kampas. Kalau sampai hal ini terjadi, maka otomatis piringan cakram rentan untuk tergores saat pengereman dilakukan.

Selain dari rusaknya permukaan piringan cakram, dampak air hujan juga bisa menimbulkan korosi pada kaliper. Terlebih jika motor didiamkan berhari-hari setelah kena air hujan.

"Ini sebenarnya hal umum, air hujan memang tidak bagus untuk material besi. Kaliper rem juga terdiri dari material besi, contoh pada bagian dinding piston dan permukaan kampas, kalau sudah berkarat bisa repot," ucap Slamet.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa