Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waktu Tepat Bersihkan Ruang Bakar Sepeda Motor

Stanly Ravel - Selasa, 4 Oktober 2016 | 14:42 WIB

Jakarta, Otomania - Membersihkan ruang pembakaran menjadi salah satu cara ampuh menjaga tekanan kompresi mesin sepeda motor. Ruang bakar yang sehat bisa membuat performa mesin tetap terjaga dengan baik.

Lalu, kapan waktu ideal melakukan pembersihan ruang bakar dengan membongkar silider head ? menjawab hal ini, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, menjelaskan bahwa secara ketentuan tidak ada batasan khususnya.

"Pembersihan ruang bakar memang tidak diatur secara periodik seperti perawatan lain. Biasanya, konsumen yang mengeluhkan tenaga motornya sudah loyo akan di cek tekanan kompresinya, bila sudah tidak standar baru kami anjurkan untuk melakukan pembersihan ruang bakar," ucap Rangga saat dihubungi Otomania, Selasa (4/10/2016).

Menurutnya, pembongkaran silinder head untuk membersihkan ruang bakar dan skir klep tidak memiliki ketentuan secara jarak atau masa pakai kendaraan. Namun bila sudah mendapati beberapa gejala utama, seperti kompresi mesin yang droop serta tenaga yang tidak optimal, barulah mekanik melakukan pengecekan khusus di sektor ruang bakar.

"Intinya kita berdasarkan keluhan konsumen, tapi secara rendom dalam jarak waktu tertentu memang biasanya ada pengecekan kompresi dari mekanik," kata Rangga.

Faktor perawatan motor, menurut Rangga menjadi salah satu hal penting yang menuntukan sehat tidaknya ruang bakar. Bila pengguna rajin melakukan servis berkala, otomatis kondisi ruang bakarnya pun akan lebih sehat.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa