Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Aman Terabas Sungai Naik Motor "Offroad"

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 2 Oktober 2016 | 07:42 WIB

Jakarta, Otomania – Akhir pekan digunakan oleh para penggemar sepeda motor offroad untuk menjelajah tempat-tempat baru. Selain kesiapan yang matang baik tunggangan maupun fisik, para biker ini juga harus dapat memahami teknik tepat di setiap medan.

Medan outdoor yang kerap ditemui adalah melintasi aliran sungai. Di sini diperlukan pengetahuan dasar mengenai posisi tubuh dan menjaga keseimbangan tunggangan dengan baik.

“Melintasi aliran air sungai bisa jadi menu wajib saat melakukan kegiatan outdoor. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk berhasil melalui aliran sungai tanpa kendala,” ucap Frans Tanujaya, offroader senior yang berasal dari kota Bandung saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Sungai dangkal, berbatu dan cukup panjang ada dua teknik yang dapat digunakan. Pertama berdiri di atas footstep dengan kedua lutut menjepit tangki atau jok. Posisi badan agak membungkuk sehingga posisi tangan agak terbuka dan badan mengimbangi gerakan motor.

Kedua, dalam posisi duduk, lutut menjepit tangki. Kaki harus siap sedia untuk turun mengimbangi sepeda motor jika menabrak atau melindas batu yang besar.

Melintasi sungai yang dalam dimana ketinggian air sudah melebihi karburator butuh tenaga lebih. Jalan keluar yang terbaik adalah mengangkat sepeda motor bersama-sama supaya motor dapat selamat sampai seberang tanpa kerusakan.

“Selain keterampilan diri tentu ada kerja sama di antara rekan biker. Melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilewati, maka tenaga bantuan beberapa orang diperlukan,” ucap Frans.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa