Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapkan Ini, Sebelum "Offroad" Akhir Pekan

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 14 Mei 2016 | 14:52 WIB

Jakarta, Otomania – Akhir pekan biasanya digunakan para biker untuk melakukan hobi mereka. Salah satunya hobi berkendara offroad atau lintas alam. Namun sebelum melakukan kegemaran tersebut ada baiknya biker juga mempersiapkan perlengkapan keamanan yang sesuai dengan kegiatan yang akan berlangsung.

“Persiapan untuk offroad yang terpenting salah satunya adalah penggunaan perlengkapan keselamatan. Para biker harus memakai pelindung yang lengkap karena kegiatan offroad termasuk kegiatan yang mengandung resiko keselamatan,” ungkap Frans Tanujaya, biker senior penggiat offroad dan pendiri Terabas saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Perlengkapan keselamatan dimulai dari pakaian yang digunakan. Pakaian yang digunakan harus dapat menyerap keringat untuk kenyamanan serta gunakan celana dengan bahan yang cukup tebal.

Penggunaan helm yang memiliki mutu keselamatan teruji. Gunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala biker dan nyaman digunakan karena pada saat offroad helm yang tidak nyaman akan menimbulkan masalah. Model yang biasa dipilih biasanya model full face.

Sebelum berkegiatan offroad, pastikan biker menggunakan pelindung dada, siku, dan lutut. Sebagai tambahan gunakan juga sarung tangan yang menutup semua jari tangan namun dapat bergerak fleksibel.

Tidak kalah penting adalah penggunaan sepatu saat berkendara. Pemilihan sepatu untuk offroad  untuk menjaga pergelangan agar tidak terkilir. Model yang dipilih khusus untuk sepatu offroad sudah tersedia di pasaran. Sepatu ini memiliki ciri tinggi seperti sepatu boots.

“Perangkat keselamatan ini tidak boleh diabaikan oleh para offroader. Kegiatan yang dilalui tanpa ada yang terluka lebih baik dan menjadi tolak ukur kesuksesan utama dalam kegiatan offroad,” ucap Frans.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa