Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dosa Sepeda Motor yang Pakai Oli Mobil

Stanly Ravel - Rabu, 11 Mei 2016 | 16:05 WIB

Jakarta, Otomania - Salah kaprah penggunaan oli mobil untuk sepeda motor bertransmisi masih banyak terjadi. Meski secara fungi memiliki kesamaan untuk melindungi mesin, namun berbeda teknis dan zat aditifnya.

Lalu apa dampaknya bila motor mengonsumsi oli mobil ? Menjawab hal ini, M Abidin, GM After Sales dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa bila motor menggunakan oli mobil yang terjadi adalah penurunan performa mesin.

"Oli mobil yang mahal biasanya terdapat logo "DONUT" yang bertuliskan "Conserving II", ini artinya oli tersebut memiliki zat teflon yang banyak sehingga licin. Bila motor bertransmisi menggunakan oli mobil dengan tingkat kelicinan tinggi maka komponen kopling tidak bisa bekerja maksimal yang menyebabkan selip," ucap Abidin kepada Otomania, Senin (9/5/2016).

Karena kopling selip, lanjut Abidin, otomatis membuat kinerja mesin tidak maksimal. Bila diakumulasikan masalahnya berujung pada penurunan performa mesin motor yang membuat tenaganya droop.


"Akibat kopling selip, mesin tidak bisa mentransfer power dengan baik yang berakibat tenaga menjadi loyo. Bukan hanya soal performa yang turun tapi otomatis membuat tarikan motor jadi berat dan konsumsi bahan bakar lebih boros," papar Abidin.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa