Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknik Lahap Turunan dan Tanjakan Saat "Offroad"

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 30 Juli 2016 | 18:22 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pegiat hobi motor off-road, setiap akhir pekan adalah waktu yang dinantikan untuk berjibaku dengan lumpur di lintasan alam. Bagi biker yang baru akan menggeluti hobi ini ada baiknya mempersiapkan teknik yang benar untuk melintasi jalur di alam yang tidak terduga.

“Biasanya biker akan bertemu tanjakan atau turunan. Meski terlihat sederhana tapi jika tidak mengetahui teknik yang baik bisa berbahaya,” ucap Frans Tanujaya, off-roader senior saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Jika biker bertemu dengan lintasan menanjak yang cukup tinggi, teknik yang disarankan adalah penggunaan gigi transmisi yang rendah. Kemudian posisi duduk dan badan agak condong ke depan. Ini berfungsi agar roda depan tidak terangkat.

“Kalau salah posisi duduk agak ke belakang, bisa-bisa roda depan terangkat dan motor akan terguling beserta biker. Ini membahayakan,” ucap Frans.

Lintasan turunan curam juga bisa diatasi dengan teknik yang benar. Posisikan gigi transmisi ke gigi terendah. Kebalikan dari menghadapi tanjakan, posisi badan saat menghadapi turunan adalah badan agak condong ke belakang. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan agar roda belakang tidak terangkat dan terbalik ke depan.

“Kegiatan lintas alam ini memang berbahaya namun jika biker mengetahui trik-trik yang tepat, maka kemungkinan bahaya dapat diminimalkan,” ucap Frans.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa