Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan-jalan Naik Vespa Lawas, Siapa Takut!

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 30 September 2016 | 10:21 WIB

Jakarta, Otomania – Buat biker, persiapan sepeda motor untuk perjalanan jauh wajib hukumnya. Tidak terkecuali bagi para pemilik Vespa lawas yang kerap ditemui menjelajah bersama tunggangan kesayangan.

Salah satu bagian yang diperhatikan untuk memulai perjalanan jarak jauh adalah campuran oli.

“Banyak pemilik Vespa yang lupa menambahkan campuran oli sebelum perjalanan jauh karena mesin dua tak. Baru sadar ketika Vespanya mogok di jalan,” ucap Jimmy dari Scooter Indonesia, bengkel skuter di Jalan Awab Kampung Melayu, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Jimmy, meski sudah mengganti oli, pemilik jangan lupa menambah lebih banyak campuran olinya. Bila untuk sehari-hari standarnya dua persen, bila ke luar kota menjadi tiga persen oli plus bahan bakar.

Ini untuk mencegah oli menguap ketika berkendara jauh yang sering membuat pemilik tidak memperhatikan kondisi mesin. Bila oli berkurang maka mesin bisa mati di tengah perjalan.

Selain itu disarankan selalu siap sedia membawa peralatan untuk keadaan darurat. Termasuk beberapa suku cadang yang bisa dipakai saat Vespa lawas ngambek.

“Kalau mogok, buru-buru ditambahkan oli sampingnya. Diamkan mesin beberapa saat, lalu coba hidupkan kembali. Mesin akan hidup dan perjalanan bisa dilanjutkan,” ucap Jimmy.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa