Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Vespa Lawas Tidak Rewel, Simak Ini

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 29 September 2016 | 15:53 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pehobi Vespa lawas, perawatan untuk sepeda motor ini perlu perhatian ekstra, bahkan terkadang mahal. Meski berstatus kendaraan tua namun banyak yang mencintai Vespa dengan beragam alasan.

Supaya Vespa kesayangan tidak rewel selama digunakan, ada beberapa hal yang musti diperhatikan pemilik sepeda motor.

“Intinya rajin merawat. Meski usianya tidak muda, Vespa lawas itu mudah dipakainya, asal sering diperhatikan beberapa bagiannya,” ucap Jimmy dari Scooter Indonesia, bengkel skuter di Jalan Awab Kampung Melayu, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Buat penggunaan harian paling penting diperhatikan adalah penggantian oli. Jangan lupa untuk menganti oli mesin minimal sebulan sekali. Perhatikan juga kualitas oli yang digunakan untuk merawat kondisi mesin.

Perhatian lain adalah kondisi kabel-kabel pada Vespa utamanya kabel kopling dan gas. Kabel-kabel tidak lupa diberi cairan penetran atau gemuk untuk mencegah putus. Penyetelan dan pemeriksaan berkala juga perlu dilakukan agar ketahuan kondisinya.

Busi jadi bagian yang tidak kalah penting. Busi harus sering dibersihkan minimal semingu sekali. Jika busi kotor, pembakaran menjadi tidak sempurna dan Vespa brebet ditengah jalan.

Tidak lupa, sebelum menggunakan pemilik Vespa lawas menyempatkan diri untuk memanaskan mesin terlebih dulu. Ini agar suhu mesin optimal untuk bekerja. Sangat tidak disarankan untuk langsung menggeber motor Vespa tanpa dipanaskan.

“Buat pemilik Vespa, motor kalau dirawat siap laju. Kalau malas berarti siap dorong. Itu saja. Rajin tune up pasti lancar jaya,” ucap Jimmy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa