Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Barang yang Wajib Ada di Vespa Lawas

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 29 September 2016 | 16:45 WIB

Jakarta, Otomania – Siapa tidak kenal Vespa? Merek sepeda motor asal Italia ini memiliki banyak penggemar baik tua maupun muda. Meski model baru dan lebih modern sudah banyak hadir di Indonesia, namun pemilik Vespa klasik tidak kalah banyak.

Usianya yang tua tentu memiliki cara perawatan tersendiri. Bagi pemilik Vespa klasik atau yang baru memulai hobi untuk memelihara Vespa lawas ada beberapa peralatan yang wajib dibawa saat bepergian.

“Ada tiga peralatan penting yang harus ada setiap bepergian dengan Vespa lawas. Busi, tali kopling dan kabel gas,” ucap Jimmy dari bengkel Scooter Indonesia Jalan Awab, Kampung Melayu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Busi cukup penting karena Vespa lawas masih menggunakan mesin dua tak. Bila terjadi pencampuran yang tidak pas antara bensin dan oli biasanya akan merembet pada pengapian yang tidak bekerja maksimal. Maka membawa busi jadi solusi mudah selain membersihkan bila kotor.

Kemudian tali perseneling atau kopling. Bila dirasa sudah keras bisa terjadi putus di tengah jalan. Kabel kopling ini penting karena membantu memindahkan transmisi untuk motor dapat berjalan.

Kabel gas kerap bermasalah karena kurang perawatan, namun bila putus ditengah jalan bisa merepotkan. Biasanya kabel gas putus di bagian pangkal dan bagian ujung pada tuas gas. Penanganan di tengah jalan dapat dilakukan dengan melepas rumah kabel untuk pemasangan.

“Modalnya murah. Busi sekitar Rp 12 ribu, kabel gas dan kopling sekitar Rp 5 ribu. Jangan lupa kunci-kunci untuk pengerjaan darurat. Perjalanan jadi lebih terasa nyaman,” ucap Jimmy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa