Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Panjang Umur Aki Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 29 September 2016 | 11:00 WIB

Jakarta, Otomania – Komponen aki memegang peran penting pada sepeda motor. Meski saat ini terdapat produk aki yang berlabel bebas perawatan, namun ini tidak melepaskan masalah yang dapat hinggap pada aki.

Masalah pada aki biasanya adalah kekurangan daya untuk mensuplai beberapa perangkat sepeda motor seperti elektrik starter, lampu, klakson, dan beragam perangkat. Ini terjadi akibat pemasukan dan pengeluaran daya listrik tidak berimbang mengakibatkan sistem kelistrikan tidak berfungsi normal.

“Aki kering atau basah punya masalah yang sama. Biasanya akibat penggunaan atau penambahan aksesori yang menyedot daya berlebih sehingga aki tidak berfungsi sebagai mana mestinya,” ucap Tomi dari Gladia 4 Motor, Jatiwaringin kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Sepeda motor yang jarang digunakan misalnya, aki biasanya lebih cepat rusak. Ini akibat tidak ada pengisian rutin pada aki saat motor menyala. Akibatnya arus konsumsi lebih banyak daripada arus pengisian. 

“Terutama yang sering menggunakan elektrik starter. Daya yang habis untuk menyalakan kendaraan tidak terisi kembali karena motor tidak dipakai. Maka aki rusak. Sebaiknya gunakan sepeda motor untuk beberapa saat, jangan hanya didiamkan,” ucap Tomi.

Selain itu pemasangan aksesori seperti lampu, klakson tambahan sudah pasti akan mempengaruhi usia aki karena membutuhkan asupan daya yang besar. Jika tidak ada penyesuaian pada spul maka dapat merusak aki.

“Umur aki normalnya 3 tahun. Jika lebih banyak aksesori akan lebih cepat. Baiknya berhitung dulu konsumsi daya sebelum memasang aksesori agar tidak bermasalah di kemudian hari,” ucap Tomi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa