Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Posisi Aki Honda BeAT di Bawah, Diklaim Aman dari Air

Stanly Ravel - Kamis, 1 September 2016 | 13:47 WIB

Jakarta, Otomania - Masih tingginya curah hujan di Jakarta membuat pengendara sepeda motor harus lebih waspada, terutama bagi pengendara skutik saat menerjang banjir. Perlu diketahi kebanyakan pabrikan motor saat ini menempatkan aki skutik di dek bawah tepat injakan kaki, salah satu contoh seperti New Honda BeAT.

Lalu apakah aman saat menerjang banjir? Menjawab hal ini Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center mejelaskan, pada dasarnya tempat aki di dek bawah sudah didesain khusus agar terlindungi dari kontaminasi kotoran, termasuk air.

"Untuk aki di bawah dek sudah didesain kedap udara, artinya memang dirancang tertutup dan terlindungi tanpa ada celah yang membuat air bisa masuk ke dalam," ucap Rangga saat dihubungi Otomania, Selasa (31/8/2016).

Menurutnya, cover aki pada Honda BeAT dirancang seperti kapsul yang sangat kedap. Bahkan pengetesan saat terendam air juga sudah dibuktikan sebelum motor diluncurkan, jadi sangat minim sekali aki Honda BeAT bisa kemasukan air saat menerjang banjir.


Meski demkian, Rangga tetap menyarankan bagi pengguna skutik untuk menghindari melewati jalan yang memiliki genangan air tinggi. Pasaln ada komponen lain yang rawan saat terendan banjir.

"Meski aki tetap aman, tapi bahawa bagi komponen lain seperti ruang belt CVT atau ruang pernapasan mesin. Seperti yang sudah dijelaskan, bila air masuk keruang nafas mesin bisa memicu kerusakan motor akibat water hammer, begitu juga dengan CVT yang basah bisa membuat slip dan karet mudah getas," papar Rangga.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa