Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Sederhana Rawat Aki Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 15 Juni 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu masalah yang kerap dialami pemilik sepeda motor adalah bagian kelistrikan. Utamanya berasal dari aki yang tidak bekerja maksimal sehingga menyebabkan motor susah dihidupkan dengan starter elektrik hingga mogok di jalan.

“Masalah pada aki bermula pada kelalaian pengguna sepeda motor yang jarang melakukan perawatan. Kerusakan pada aki cukup parah dapat merembet pada bagian motor lain sehingga perawatan berkala penting dilakukan,” ungkap Amim, mekanik Bintang Motor Pondok Bambu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Khusus aki basah pada sepeda motor, pengecekan dilakukan setiap dua bulan sekali. Perawatan dengan menambahkan air aki jika terlihat air aki berkurang. Jangan sampai air aki kering karena akan membuat aki kehilangan daya listriknya.

Dari segi pemakaian, biasakan untuk menggunakan kick starter pada sepeda motor di pagi hari. Selain dapat melumasi seluruh bagian mesin dengan oli sebelum mesin menyala, penggunaan kick starter cukup efektif menghemat daya baterai aki.

“Terakhir jangan memodifikasi sepeda motor secara berlebihan. Misal menambah banyak modifikasi yang menyedot banyak listrik. Hal ini biasanya tidak disadari pemilik motor karena dapat membuat aki tekor. Bisa juga dari cara pemasangan atau modifikasi arus yang salah membuat aki cepat rusak,” ucap Amim.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa