Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memahami Ciri-ciri Aki Mobil Soak

Donny Apriliananda - Senin, 23 Mei 2016 | 11:53 WIB

Jakarta, Otomania – Aki atau beterai pada mobil punya tugas menyuplai listrik ke berbagai komponen. Karena itulah, usia pakainya tak bisa lama, maksimal 2 tahun. Tapi rata-rata, jika pemakaian kurang baik, satu tahun sudah soak.

Lalu, apa ciri-ciri aki sudah usang dan wajib dilakukan pengecekan, atau bahkan penggantian? Rusdi Sopiandi, pemilik bengkel Fendryss di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, mengatakan bahwa banyak ciri yang bisa dijadikan bahan analisa saat aki mulai soak.

”Ada ciri-ciri yang bisa dilihat secara kasat mata, ada juga yang dirasakan efeknya pada mobil,” kata Rusdi.

Beberapa ciri yang bisa dilihat secara kasat mata, antara lain timbul kerak seperti jamur yang ada di kutub positif dan negatif. Bersihkan, karena jika dibiarkan akan memperpendek usia aki.

Ciri lain, sel-sel di dalam aki sudah rusak, hal itu tampak dari luar jika aki bertipe ”basah”. Begitu juga dengan air aki yang cepat berkurang, atau kadang tampak mendidih.

Sementara itu, ciri aki soak yang dirasakan untuk mobil adalah mesin yang sulit distarter pada pagi hari, mesin dingin, atau panas. Lalu, lampu utama sedikit redup, dan yang paling berat, setrum habis yang membuat asupan untuk komponen elektrik tak berjalan dengan semestinya.

Rusdi menuturkan agar aki berjalan dengan baik dan tak mudah soak, jaga fungsi alternator, dinamo ampere dan sistem pengisian agar terus berjalan normal.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa