Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Sederhana Ketahui Masalah Pengisian Aki

Setyo Adi Nugroho - Senin, 18 Juli 2016 | 09:45 WIB

Jakarta, Otomania – Kondisi aki yang sehat memberikan beragam kenyamanan dalam berkendara. Namun saat aki tidak bekerja sebagaimana mestinya, hal ini dapat membuat kenyamanan dalam menggunakan mobil menjadi terganggu.

“Aki tidak bekerja dengan baik bukan saja karena kondisi akinya. Bisa jadi karena tidak terjadi pengisian yang disebabkan kerusakan pada alternator mobil,” ucap Puji, mekanik Duta Mas Fatmawati saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Cara mengetahui masalah berasal dari alternator juga cukup mudah. Dalam kondisi mesin menyala, cabut kabel positif aki. Jika mesin masih menyala maka terjadi pengisian. Jika mesin mati maka keadaan sebaliknya.

“Namun cara ini sebenarnya terlalu ekstrem. Jangan digunakan terlalu sering,” tambah Puji.

Cara lain adalah dengan menggunakan obeng berukuran panjang. Putar kunci pada posisi “ON”, lalu dekatkan obeng pada ujung puli alternator.

“Jika ujung obeng menempel atau ada daya tarik magnet, artinya alternator bekerja dan terjadi pengisian. Jika tidak maka masalah berada di alternator,” ucap Puji.

Alternator sebenarnya jarang mengalami masalah kecuali akibat usia penggunaan. Namun sebagai pemilik mobil baiknya tetap menjaga bagian kendaraan yang dapat dirawat sehari-hari seperti aki mobil. Pastikan air aki dalam batas yang ditentukan pabrikan agar terhindar dari masalah saat penggunaan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa