Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hilangkan Getaran Keras Pada Setang Skutik

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 27 September 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania – Motor skutik banyak dipilih karena penggunaannya yang mudah. Bagi pengguna motor skutik, salah satu pengalaman yang kerap dialami adalah setang yang bergetar cukup keras saat memutar gas.

“Ini sering dialami pada pengguna skutik. Bukan hal yang normal memang, ini menandakan ada bagian mesin yang bermasalah,” ucap Ahmad Amim, mekanik AHASS Bintang Motor Pondok Bambu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Amim, setang yang bergetar cukup keras menjadi penanda adanya selip antara kanvas kopling dan mangkok kopling. Akibatnya saat membuka gas untuk berakselerasi seperti tersendat-sendat dan dirasa tenaganya tidak stabil.

Penyebabnya beragam. Bisa jadi karena kanvas kopling dan rumah kopling mengalami keausan akibat pemakaian. Selain itu bisa juga terjadi akibat banyaknya kotoran dan debu di ruang CVT atau kontaminasi pelumas akibat sil yang ada di CVT mengalami kebocoran.

“Cara perbaikinya dilakukan pembersihan di bagian CVT. Pemeriksaan sil-sil juga dilakukan untuk melihat adanya kebocoran atau tidak. Selain itu pemeriksaan komponen yang ada di blok CVT perlu dilakukan. Ini akan meminimalisir getaran pada setang saat berakselerasi,” ucap Amim.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa