Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat "Rem Tangan" di Motor Skutik

Stanly Ravel - Senin, 12 September 2016 | 12:05 WIB

Jakarta, Otomania - Bukan hanya mobil, sepeda motor jenis skutik saat ini pun sudah menggunakan rem tangan yang dinamakan parking brake lock. Kegunaannya untuk menahan posisi motor dengan mengunci rem pada bagian belakang.

Meski fitur ini sangat minim perawatan, namun tetap ada hal yang harus diperhatikan guna menjaga fungsinya tetap bekerja dengan baik.

Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center mejelaskan, hal yang perlu diperhatikan adalah pengaturan setelan baut pada tuas rem yang ada di bagian tromol.

"Parking brake lock bekerja dengan mengunci rem belakang. Agar bisa fungsinya maksimal, maka perhatikan penyetalan baut pada tuas yang ada di tromol, usahakan pada posisi yang imbang, tidak jauh dan tidak dekat," ucap Rangga kepada Otomania, Rabu (31/8/2016).

Pengaturan rem harus di posisi ideal. Bila terlalu jauh maka fungsi parking brake lock tidak bisa mengunci dengan baik karena jarak yang terlalu jauh untuk mengapit, begitu juga dalam posisi yang terlalu dekat yang membuat tuas susah mengunci.


Selain mengatur jarak, Rangga juga mengatakan untuk selalu memastikan lapisan kanvas rem selalu dalam posisi optimal. Artinya, bila kanvas sudah habis otomatis membaut brake lock tidak berfungsi.

"Sama seperti pengereman, kanvas harus tetap sehat agar kerja rem bisa berfungsi dengan baik," kata Rangga.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa