Hilangkan Bunyi "Tikus Kejepit" pada Rem Tromol

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 22 Juni 2016 | 12:05 WIB

Jakarta, Otomania – Musim hujan saat ini masih berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia ternyata dapat menimbulkan beberapa permasalahan pada sepeda motor. Salah satunya adalah bunyi berdecit pada rem tromol sepeda motor.

Masalah ini biasanya datang setelah pemilik sepeda motor mengendarai motornya melewati hujan deras dan genangan air di jalan.

“Bunyi berdecit biasanya timbul keesokan harinya setelah motor selesai dipakai sehabis hujan. Ini permasalahan yang biasa terjadi pada motor di musim hujan,” ucap Rustam, mekanik senior AHASS Bintang Motor Pondok Bambu kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Rustam sumber masalah berdecit pada tromol karena adanya kotoran di sekitar mekanisme rem. Bagian-bagian seperti roda, pengait tuas rem serta bagian dalam tromol bisa dihinggapi kotoran sehabis menerabas hujan.

Cara menghilangkan bunyi berdecit itu cukup dengan membuka tutup tromol dan membersihkan bagian-bagian rem satu per satu. Cara membersihkannya dengan menggunakan sikat kawat untuk bagian sela-sela tromol.

Ada juga cara menggunakan bensin pada bagian tutup tromol. Khusus untuk bagian kampas rem dan tromol inti baiknya hanya dilap dengan air hingga bersih.

Penanganan lain adalah dengan mencuci sepeda motor sehabis hujan. Meski sederhana, hal ini kerap tidak diindahkan pemilik sepeda motor akibat kesibukan. Padahal mencuci motor adalah salah satu proses penanganan masalah rem berdecit.

“Cara lainnya adalah dengan segera mencuci sepeda motor. Takutnya kotoran yang dibiarkan menempel dan tidak segera dihilangkan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari seperti karat dan merembet pada bagian lain. Bisa-bisa biaya perbaikan malah lebih besar,” ucap Rustam.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X