Bagaimana Merawat Lampu LED di Sepeda Motor?

Aditya Maulana - Senin, 19 September 2016 | 16:02 WIB

Jakarta, Otomania — Lampu LED (light emiting diode) kini sedang menjadi tren di kalangan pengguna sepeda motor. Selain motor baru, pemilik model lama pun banyak yang pakai dengan cara membeli di toko aksesori aftermarket.

Bicara keuntungan, jelas cahaya yang dihasilkan lebih terang dan pengeluaran listrik pun irit ketimbang jenis bohlam. Lantas, bagaimana dengan cara perawatannya?

Menurut Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tidak perlu perlakuan atau cara khusus sebab sama saja seperti merawat lampu jenis lainnya.

"Tidak ada yang spesial, sama seperti lampu pada umumnya," ucap Abidin kepada Otomania melalui pesan singkat, Senin (19/9/2016).

Abidin melanjutkan, lampunya itu sendiri tidak boleh masuk air sebab bisa terjadi korsleting. Lensanya harus dijaga karena jangan sampai retal atau berlubang.

"Hanya itusaja cara merawatnya. Mudah dan tidak rumit," kata Abidin.

Motor Yamaha yang sudah menggunakan LED sudah banyak. Model matik seperti di NMAX dan Soul GT, penempatannya di head light lamp, tail light lamp. MX-King di tail light lamp dan position light/lampu senja.

Sementara itu, motor sport di R25, MT-25 sama-sama ditempatkan di tail light lamp dan position light/lampu senja. R15 hanya di tail light lamp dan Xabre sudah terpasang di semua bagian.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa