Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Untung-Rugi Motor Pakai Lampu LED

Aditya Maulana - Senin, 19 September 2016 | 15:30 WIB

Jakarta, Otomania - Hampir semua sepeda motor keluaran terbaru, sistem pecahayaannya sudah menggunakan lampu LED. Selain membuat tampilan lebih futuristik, banyak juga fungsi lainnya.

Bicara keunggulan, jelas lebih banyak dibanding kekurangannya. Lantas apa saja plus-minus motor yang sudah menggunakan lampu LED?

Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, dari sisi keunggulan jelas appearance lebih bagus, cahaya lampu terang dan konsumsi listrik lebih kecil.

"Bahkan umur LED itu sendiri lebih awet dibanding lampu biasa," kata Abidin kepada Otomania melalui pesan singkat, Senin (19/9/2016).

Namun, kata Abidin ada juga kekurangannya. Biasanya cahaya yang dihasilkan tidak dapat menembus kabut atau bahkan hujan lebat. Terakhir, jika mengalami kerusakan maka harus ganti Assy Part.

Lanjut Abidin, motor Yamaha yang sudah menggunakan LED, seperti model matik NMAX dan Soul GT pada Head Light Lamp, Tail Light Lamp. MX-King ditempatkan di Tail Light Lamp dan Position Light/Lampu Senja.

Model sport, seperti R25, MT-25 yang sama-sama ditempatkan di Tail Light Lamp dan Position Light/Lampu Senja. R15 hanya di Tail Light Lamp, dan Xabre sudah terpasang di semuanya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa