Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor China Disulap Jadi Motor Balap Retro

Aditya Maulana - Jumat, 16 September 2016 | 07:48 WIB

Jakarta, Otomania - Jika dilihat sekilas, siapa yang menyangka kalau sepeda motor ini berasal dari merek China. Sebab, tampilannya cukup unik, dan memiliki jenis mesin V seperti Harley-Davidson.

Aslinya, merek motor tersebut adalah Zongshen yang benar dari pabrikan China. Namun, oleh sang pemilik, Yunanto Kurniawan, mochin itu diubah seperti motor balap zaman dulu dengan konsep ramping.

"Saya suka dengan dunia kustom motor, jadi ini motor benar-benar diubah total sampai bentuknya seperti ini," kata Yunanto kepada Otomania belum lama ini di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pria yang juga anggota dari Motor Besar Club (MBC) Jakarta ini menjelaskan, semua part dibuatnya dengan tangan alias hand made. Mulai hal kecil, hingga yang sifatnya besar dan penting seperti tangki hingga spakbor.


"Dikerjakan di bengkel Puspa Kediri Custom. Karena hand made jadi prosesnya dua tahun baru selesai seperti ini," ujar Yunanto.

Menurut dia, uang yang dikeluarkan untuk membangun motor tersebut cukup besar, yakni sekitar Rp 40 juta. Namun, ia merasa puas dengan hasilnya, karena model seperti itu yang diinginkannya.

"Tahun lalu di acara Kustomfest, motor ini juara dua di kelas 250cc. Karena spsesifikasi mesinnya memang 250cc dan menggunakan mesin model V," ucap dia.


Selama proses pengerjaan, hampir semua part menjadi kendala. Apalagi bahan alumuniumnya juga dibuat sendiri dan sampai sekarang menurut dia tidak ada kendala sama sekali.

"Kapasitas tangkinya 6 liter, dan modelnya memang kita buat seperti itu, seperti model motor balap zaman dulu yang ramping-ramping," kata Yunanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa