Yuk, Rawat Motor Sendiri Tanpa Perlu ke Bengkel

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 15 September 2016 | 09:25 WIB

 Jakarta, Otomania — Pemilik kendaraan biasanya tidak ambil pusing untuk melakukan perawatan tunggangannya. Cukup membawa ke bengkel, semua masalah pada motornya akan beres.

Namun, ada kegiatan perawatan sepeda motor yang dapat dilakukan pemilik di dalam rumah. Caranya cukup dengan menggunakan peralatan bawaan yang disediakan oleh produsen sepeda motor di bagasi kendaraan atau kunci-kunci yang umum dimiliki setiap pemilik motor di rumah.

"Kegiatan perawatan yang dapat dilakukan di rumah antara lain pengecekan busi, rantai, dan penggantian oli mesin. Alatnya bisa pakai bawaan dari sepeda motor atau kunci-kunci yang umum ditemukan di rumah," ucap Ahmad Amim, mekanik AHASS Bintang Motor, Pondok Bambu, saat ditemui Otomania, Rabu (14/9/2016).

Penggantian oli biasanya melihat spesifikasi oli yang direkomendasikan pabrikan. Waktu penggantiannya bisa disesuaikan buku petunjuk. Sediakan ruang yang cukup lapang untuk melakukan pengerjaan ini dan pastikan tidak ada komponen yang tertinggal atau hilang setelah proses pemasangan.

Pemeriksaan busi bisa dilakukan dengan menggunakan kunci busi bawaan sepeda motor. Cara membersihkannya dengan disikat menggunakan sikat kawat untuk membersihkan kotoran di sekitar tempat pembakaran busi.

Kemudian, pengencangan rantai. Usahakan mengetahui batas toleransi kekencangan rantai yang normal dan kencangkan baut pada as roda untuk mengatur rantai.

"Semua bisa dilakukan tentu dengan pengetahuan dan alat-alat yang sesuai. Hindari menyentuh bagian-bagian mesin yang membutuhkan pengetahuan mekanik profesional agar tidak merusak kerja mesin. Serahkan kepada mekanik bengkel untuk perawatan bagian ini," ucap Amim.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X