Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Boxer R Nine T Tak Bikin Panas Kaki

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 14 September 2016 | 17:05 WIB

Jakarta, Otomania – Masalah umum saat mengendarai motor dengan mesin besar adalah hawa panas berlebihan dari mesin. Panas ini kadang membuat rider yang menungganggi motor cukup kewalahan dan membuat tidak nyaman.

Namun dari pengalaman Otomania menggunakan BMW R nine T problem panas mesin tidak terlalu dirasakan. Padahal melihat penampakannya, mesin flat boxer 1.170 cc yang mencuat di kiri dan kanan sepeda motor cukup membuat grogi saat berkendara.

Pengalaman ini akibat desain baru pendingin mesin yang diciptakan BMW. Motor ini menggunakan gabungan pendingin udara dan pelumas yang membuat panas mesin dapat teredam dengan baik. Fitur ini sudah digunakan pada model motor BMW lainnya seperti R 1200 GS.

Air Intake snorkel dan filter udara dengan desain baru membuat aliran udara mampu mendinginkan mesin cukup optimal. Tambahan pendingin didapat dari sistem oil cooled dimana pelumas mesin ikut didinginkan melalui sistem pendingin.

“Selain itu desain mesin flat boxer yang rebah juga membuat panas tersebar lebih merata. Airflow udara dengan desain mesin seperti itu lebih maksimal mendinginkan mesin,” jelas Erik Yohanes, Assistant Product Manager BMW Motorrad Indonesia saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

BMW R Nine T menggunakan mesin mesin flat boxer 1.170 cc DOHC dua silinder, tenaga yang dihasilkan mencapai 110 tk di putaran 7.550 rpm. Mesin ini menghasilkan torsi 119 Nm di putaran 6.000 rpm.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa