Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modal S-Cross buat Tantang BR-V dan Rush-Terios

Aditya Maulana - Selasa, 13 September 2016 | 11:39 WIB

Jakarta, Otomania - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan kembali nama SX4 dengan meluncurkan generasi terbaru SX4 S-Cross di Indonesia. Kehadirannya langsung disandingkan untuk bersaing dengan BR-V, dan Rush-Terios.

Belum lama ini, Otomania mendapatkan kesempatan menguji mobil tersebut. Pembahasannya, dimulai dari tampilan yang jika dibandingkan dengan crossover atau low Sport Utility Vehicle (SUV) lainnya punya tampilan unik.

Lihat saja wajahnya yang menurut Otomania kental dengan selera konsumen di India. Wajar saja, karena Suzuki Indonesia menghadirkannya langsung dari Tanah Hindustan.


Grill depan dibuat besar dengan hanya dua garis horizontal. Lampu utama juga cukup melebar dan di bagian bemper depan terdapat lampu kabut (fog lamp) di sisi kiri dan kanan.

Guna memperkuat kesan crossover maka dari bemper depan hingga belakang dipasangkan pelindung yang terbuat dari bahan pastik. Namun, tetap ada aura elegan, berkat tambahan detail krom pada grill dan bemper.

Beralih ke bagian belakang, desain lampunya lebih menarik dibandingkan bagian depan. Namun, ukuran besar tetap dibertahankan, serta tersedia juga lampu kabut yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan bemper belakang.

Penggunaan kaca belakang juga cukup besar, sehingga visibilitas pengemudi saat berkedara dan harus melihat ke belakang melalui kaca spion kabin, bisa melihat dengan jelas.

Cara membuka bagasi belakangnya juga cukup mudah atau seperti kebanyakan mobil. Cukup menarik tuas yang tersedia di ruang bawah logo "S". Lalu, untuk menutupnya juga mudah, hanya tinggal menekan lebih kencang.

Sayangnya, perlu tenaga yang cukup kuat. Sebab, tidak mau menutup rapat. Ketika Otomania mencobanya, butuh dua kali baru indikator pintu terbuka atau tertutup di meter cluster tidak menyala.


Secara dimensi, S-Cross ini memiliki panjang 4,3m, lebar 1,765m dan tinggi 1,59m. Jarak poros rodanya 2,6m, dan jarak terendah bodi dengan tanah menyentuh 180mm, serta radius putar minimun 5,2m.

Sementara itu, desain eksteriornya punya tiga kunci, yaitu Emotion, Quality, dan Aerodynamics. Suzuki menawarkan S-Cross dalam empat pilihan, yakni Urban Blue, Pearl Artic White, Premium Silver dan Granite Grey.

Berkat tampilan, dimensi dan keunggulan yang dimiliki, apakah S-Cross mampu bersaing di segmen crossover atau low SUV di pasar otomotif nasional?

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa