Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Cub 70 Disulap Jadi "Bobber"

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 7 September 2016 | 13:25 WIB

Jakarta, Otomania – Berawal dari keinginan untuk membawa motor kesayangan pergi jarak jauh, Opi dari bengkel The Wild Brain Workshop (TWBW), Medan, mengubah drastis penampilan motornya. Honda Cub 70 yang aslinya bebek sejati diubahnya menjadi bobber yang asik diajak jalan jauh.

“Namannya Bonggol Toba. Aslinya pakai Honda Cub 70, Dulu dipakai harian hanya waktu itu ada keinginan mau dibawa jalan keluar kota, biar asik diubah saja,” ucap Opi kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Motor berkelir merah ini kemudian di desain sendiri oleh Opi bersama rekannya di TWBW. Bagian swing arm, segtiga, stang, bodi, knalpot, pelek dibuat kastem di bengkel.

Untuk mendapatkan kesan bobber, ban khusus didatangkan langsung dari luar negeri. Pelek depan dan belakang menggunakan ukuran lebar 5 inci dengan ban depan dan belakang 180/80-14.

Ban besar depan belakang tersebut ditopang suspensi diambil dari beberapa merek. Suspensi depan menggunakan motor Yamaha Byson dan suspensi belakang menggunakan milik Honda BeAT.

“Sebagian besar buat sendiri di bengkel. Ban ring 14 lebar 4,5 dipesan dari luar negeri, di sini belum ada yang jual,” ucap Opi.

Guna mendongkrak tenaga, mesin 110 cc ditingkatkan menjadi 135 cc. Ini agar menyesuaikan dengan kapasitas dan bobot ban yang digunakan.

Opi membutuhkan waktu selama empat bulan untuk membuat Bonggol Toba. Biaya yang dikeluarkan total sekitar Rp 24 juta.

Ide Opi mengubah motor kesayangannya ini berbuah manis. Motor ini jadi pemenang pertama kategori NItrohead Choppy Cub di ajang Kustom Fest 2014 lalu sekaligus menjadi wakil Medan yang membawa piala dari festifal modifikasi tersebut.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa