Awas, Jendela Mobil Terbuka Bisa Merusak AC

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 1 September 2016 | 15:35 WIB

 Jakarta, Otomania -  Penyejuk udara atau air conditioner (AC) adalah komponen kenyamanan yang cukup penting bagi pemilik mobil. Bila AC tidak bekerja dengan baik sudah pasti kenyamanan saat berkendara menjadi berkurang.

Ternyata untuk menjaga kondisi kinerja AC tetap prima ada kebiasaan yang harus dihindari oleh pemilik kendaraan.

“Salah satu perawatan kondisi AC tetap prima adalah dengan tidak membiasakan membuka jendela saat AC menyala. Mudah, hanya banyak yang belum tahu,” ucap Sutikno, kepala operasional bengkel Denso Jatiwaringin.

Kebiasaan ini dapat merusak karena udara luar membawa kotoran masuk ke kabin. Kotoran ini nantinya akan bersarang di komponen filter kabin dan mempengaruhi kerja AC. Pada akhirnya AC tidak memproduksi udara segar dan tidak dingin.

“Kotoran dapat membuat kerja kompresor membutuhkan waktu lebih lama. Ini membuat temparatur ruangan yang diinginkan sulit tercapai. Akhirnya juga membuat kekuatan mesin dan konsumsi bahan bakar lebih boros,” ucap Sutikno.

Maka, usahakan bila hendak membuka jendela mobil dalam waktu lama, matikan AC. Tidak lupa ganti filter kabin setiap enam bulan sekali agar kinerja AC tetap maksimal.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X