Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Mobil Bekas, Cari Tahu Riwayatnya

Aditya Maulana - Rabu, 31 Agustus 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania — Mobil bekas sekarang ini menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, selain harganya lebih murah, kualitas yang ditawarkan tidak kalah bagusnya dengan mobil baru.

Namun, jangan sembarang ketika membeli mobil bekas. Sebaiknya, perhatikan beberapa hal agar tidak kena tipu pedagang.

"Banyak sekali yang harus diperhatikan untuk membeli mobil bekas, mulai kondisi mesin, interior, hingga eksteriornya. Jika tidak diperhatikan, kita bisa rugi," ujar Petrus Andre, Financial Content Manager dari situs jasa keuangan Jakarta, dalam keterangan resmi, Rabu (31/8/2016).

Petrus mencoba memberikan tips agar mobil yang akan dibeli sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut pemaparannya:

Pertama kali yang harus dilakukan ialah bertanya tentang sejarah mobil tersebut. Biasanya, penjual akan menjelaskan asal-usul mobil yang akan dibeli.

"Jika pedagang ragu menjelaskannya, Anda harus berhati-hati. Jika alasan yang diberikan tidak masuk akal, Anda patut curiga," kata Petrus.

Kedua, lanjut Petrus, bertanya tentang mesin. Sebab, ini merupakan komponen paling penting yang perlu ditanyakan ketika membeli mobil bekas. Selanjutnya, periksa kelengkapan yang ada di mobil tersebut, bahkan hingga ke peralatan tambahan lain.

Petrus melanjutkan, yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan test drive sebab bisa dirasakan bagaimana kondisi serta performa dari mobil tersebut.

Terakhir, jika tidak jadi membeli mobil tersebut, berikan kesan yang baik kepada pedagang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa