Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Ganti Oli Avanza Tembus Setengah Juta Rupiah

Aditya Maulana - Senin, 29 Agustus 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania - Spesifikasi oli mesin Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, yaitu 0W-20. Rekomendasi dari pabrikan, bisa menggunakan pelumas Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant, TMO Lubricant Full Synthetic 0W-20 ECO Power API SN GF- 5.

Pelumas tersebut sudah memenuhi standar API SN dan ILSAC GF-5, sehingga dapat digunakan pada mesin 4, 6, 8+ silinder multi-cam, VVT-I, supercharged, turbocharged, dan mesin emisin rendah termasuk hybrid.

Ketika pertama diluncurkan pada 2015, oli tersebut tersedia dalam ukuran 1 liter dan 4 liter. Banderolnya mencapai Rp 165.000 per liternya. Lantas, berapa biaya ganti oli Avanza terbaru di bengkel resmi Toyota?

Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, Jakarta Timur menjelaskan, penggunaan oli untuk Avanza mencapai 3,5 liter. Jadi, hitungannya Rp 165.000 dikali tiga, yaitu Rp 577.500.

Sementara untuk Avanza model lawas, bisa menggunakan oli 10W-40 yang harganya Rp 80.000 per liter, dan 5W-30 Rp 145.000.

"Semua itu untuk oli merek Toyota yang kita sediakan di bengkel resmi kita," ujar Saiful kepada Otomania melalui pesan singkat, Minggu (28/8/2016) malam.

Sementara itu, General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi menambahkan, kapasitas oli mesin Avanza mencapai 4 liter. Interval penggantiannya setiap 10.000 km atau enam bulan.

"Yang kami sarankan adalah untuk melakukan servis berkala. Bukan hanya penggantian oli dan filter, tapi juga pemeriksaan menyeluruh fungsi-fungsi di mobil," ujar Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, Minggu (28/8/2016).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa