Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Libas Jalanan Berlumpur Saat "Off-road"

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 28 Agustus 2016 | 18:58 WIB

Jakarta, Otomania — Bila memiliki hobi sepeda motor off-road terutama dengan rute melintasi alam, beragam jenis jalur bisa ditemui. Salah satunya adalah jalur bekas ban mobil atau motor di jalan basah dan berlumpur.

Melintasi jalur jenis ini haruslah memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengoperasikan sepeda motor. Selain itu, kesiapan fisik juga diperlukan karena melalui jalur ini butuh tenaga yang tidak sedikit.

“Beragam jalur di rute off-road membuat tantangan tersendiri bagi bikers. Bekas tapak ban mobil atau motor bisa jadi masalah berat kalau tidak memahami cara yang benar melibasnya,” ucap Frans Tanujaya, biker dan offroader senior saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Yang paling utama diperlukan untuk melintasi jalur seperti ini adalah konsentrasi dan keseimbangan di atas sepeda motor. Jalur bekas tapak ban biasanya membentuk cekungan yang memanjang sehingga cukup sulit melintasinya.

Posisi badan biker saat melintasi jalur ini bisa duduk atau sambil berdiri. Perhatikan kecepatan sepeda motor agar tidak terlalu kencang karena ban rawan selip.

Jalur yang paling tepat untuk dipilih adalah mengikuti jalur bekas ban tersebut dan jangan mencoba untuk berpindah jalur. Jika ingin berpindah, usahakan hentikan kendaraan dahulu, baru berpindah jalur.

“Kalau mau berpindah jalur, hentikan sepeda motor dulu. Pindahkan roda depan terlebih dahulu ke jalur sebelahnya, baru perlahan berpindah. Kaki diturunkan untuk menjaga keseimbangan,” kata Frans.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa