Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ciri Rantai Motor yang Minta Diganti

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 20 Juli 2016 | 08:51 WIB

Jakarta, Otomania – Komponen rantai pada sepeda motor punya peran vital sebagai bagian dari sistem penggerak utama. Fungsinya adalah mentransfer tenaga mesin ke roda belakang agar motor bergerak. Melihat kondisi ini, sudah mutlak kondisnya wajib mendapat perhatian lebih para biker!

“Perawatannya mulai dari menjaga kekencangan hingga menjaga kebersihan bagian rantai sendiri seperti memberi pelumas khusus. Terutama saat cuaca hujan seperti sekarang ini, rentan membuat rantai tertempel kotoran,” ucap Ujang, mekanik bengkel JM Jatiwaringin, Jakarta Timur, kepada Otomania, Selasa (19/7/2016).

Selain itu pemilik sepeda motor juga harus bisa mendeteksi, tanda-tanda jika rantai sudah tidak dalam kondisi prima. Beberapa indikasi bisa diketahui lewat ciri fisiknya. Misalnya, sudah terlihat karat. Ketika berkendara, menimbulkan suara yang mengganggu atau laju motor jadi bergetar. Kalau sudah merasakan ini, wajib segera ganti rantai Anda.

“Bisa terjadi karena perawatan yang salah membuat rantai cepat rusak serta pemakaian sepeda motor sembarangan. Jika sudah seperti ini mau tidak mau harus mengganti dengan rantai yang baru,” ucap Ujang.

Penggantian rantai sepeda motor disarankan menggunakan merek asli yang direkomendasikan pabrikan. Saat penggantian rantai sebaiknya dibarengi dengan penggantian gir depan dan belakang sepeda motor agar rantai dapat bekerja secara maksimal.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa