Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Ukuran Ideal Setelan Rantai Motor

Stanly Ravel - Senin, 19 Oktober 2015 | 11:38 WIB

Jakarta, Otomania - Rantai sepeda motor memiliki fungsi menyalurkan tenaga dari mesin untuk mengerakkan kedua roda melalui gear. Selain memerlukan perawatan, pemilik kendaraan juga wajib menyetel rantai.

Hal ini juga menjadi salah satu yang sering diabaikan pemilik motor. Biasanya mereka hanya mengandalkan penyetelan rantai saat sedang melakukan servis saja ke bengkel, padahal cara pemakaian serta jarak tempuh harian sangat berpengaruh.

"Menyetel rantai ada aturannya, tidak boleh kencang tidak boleh kendur. Posisi rantai yang terlalu kencang bisa membuat rantai putus saat motor berakselerasi, sebaliknya kalau kendur lama-lama rantai bisa copot dari gear," ucap Slamet Pamuji dari bengkel Selta kepada Otomania, Condet - Jakarta Timur (18/10/2015).

Menurutnya, kondisi ini tentu berbahaya saat berjalan. Untuk merasakan setelan rantai paling mudahnya saat sedang berjalan, biasanya saat terlalu kendor suara rantai akan sedikit berisik, selain itu saat deselerasi terasa ada sendatan atau getaran. Sedangkan bila setelan rantai terlalu kencang dan ketat, getaran akan terasa di bagian footstep.

"Bisa rantai terlalu kendur membuat mata gir tidak pas masuk ke lubang rantai. Untuk menyetel yang paling pas mengikuti jarak yang ada pada swing arm. Tiap motor pasti beda-beda, umumnya ketegangan rantai itu 3 cm dari jarak renggang ketika rantai ditekan (posisi atas dan bawah)," ucapnya.

Selain itu Slamet juga menabahkan, rantai yang terlalu kendur dan diamkan terlalu lama juga berdampak pada sisi efesiensi bahan bakar.

"Bila kendurnya parah membuat aliran tenaga ke gear dan roda belakang tidak bekerja maksimal atau responsif karena ada jeda yang membuat roda berputar lebih lama. Gas ditarik tapi lama bereaksi karena menunggu rantai mengencang terlebih dahulu," ucapnya yang biasa menangani motor lawas.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa