Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Paling Mudah

Setyo Adi Nugroho - Senin, 2 Mei 2016 | 16:36 WIB

Jakarta, Otomania – Rantai pada sepeda motor menjadi komponen penting yang membutuhkan perhatian secara berkala. Akibat penggunaan terus menerus komponen ini kerap mengalami masalah. Paling mudah terlihat adalah keadaan rantai yang mengendur.

Rustam, Senior Mekanik AHASS Bintang Motor saat ditemui Otomania Senin (2/4/2016) mengungkapkan, rantai sepeda motor adalah bagian paling rentan masalah jika jarang diperhatikan.

“Akibat pemakaian sehari-hari rantai bisa kendur. Keadaan ini bila dibiarkan bisa menyebabkan masalah saat di jalan seperti rantai lepas dari gir atau paling parah rantai putus,” ucap Rustam.

Untuk itu, rantai perlu disetel ulang ketegangannya dengan mengendurkan as roda belakang dan memundurkan ke posisi semula. Hal ini merupakan langkah paling mudah untuk merawat rantai kendaraan bermotor.

Pemeriksaan rantai sepeda motor ini sebaiknya dilakukan berkala. Minimal sebulan sekali atau saat jarak berkendara sejauh 1.000 km.

“Perawatan pada rantai itu paling mudah. Tidak perlu dirasakan hanya dilihat. Pemilik kendaraan jangan menunda untuk mengencangkan rantai jika melihat kondisi rantai mulai mengendur,” ucap Rustam.

Perawatan rantai juga dapat dilakukan apabila pemilik kendaraan mendengar suara rantai yang tidak normal atau berisik. Ini bisa mengindikasikan posisi rantai tidak satu garis dengan posisi gir. Akibatnya rantai akan menggesek bagian-bagian kendaraan dan menyebabkan rantai terkikis. Segera perbaiki ke bengkel terdekat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Selain proses mengembalikan tegangan rantai, pemilik kendaraan juga disarankan membersihkan rantai dari kotoran. Gunakan cairan pembersih rantai yang dijual di pasaran. Jangan menggunakan oli bekas karena hal ini malah akan memperparah kotoran yang menempel di rantai.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa