Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Hujan, Rantai Sepeda Motor Wajib Diberi Pelumas

Aditya Maulana - Selasa, 16 Februari 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania
– Musim hujan seperti sekarang ini, pengguna sepeda motor bebek atau sport harus sering melihat kondisi rantai. Sebab, air hujan bisa membuat rantai tersebut menjadi cepat kering.

Biasanya, yang dilakukan oleh para biker adalah melumasi rantai agar musim hujan seperti sekarang ini rantai tidak kering. Tetapi salahnya, banyak yang melumasinya dengan oli, alhasil rantai menjadi kotor, karena pasir atau kotoran lain di jalan ikut menempel.

Menurut Ronald Johanson Pakpahan pemilik bengkel spesialis moge sport Setia Motor (Lae SM) di Jalan Raya Pulogebang, No.83 Jakarta Timur, sebaiknya untuk melumasi rantai harus menggunakan cairan khusus. Karena cairan khusus sudah didesain tidak membuat lengket.

“Kalau menggunakan pelumas atau oli, itu tidak baik karena rantai cepat kotor, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Tetapi, kalau menggunakan cairan khusus, selain rantai tidak kering, juga kotoran tidak menempel,” kata Ronald saat ditemui Otomania, belum lama ini.

Menurut Lay, ada banyak cairan atau pelumas khusus untuk rantai sepeda motor. Salah satu yang dijualnya, adalah merek Faito. Fungsinya sama, yaitu membuat rantai tetap basah dan bersih.

“Kotoran jadi tidak menempel di rantai, karena cairan ini tidak lengket. Cocok untuk musim hujan seperti sekarang ini. Selain itu bisa melindungi rantai agar tidak berkarat,” ujar Ronald.

Pelumas yang dijualnya ini, tersedia dua pilihan. Pertama model Teflon dan kedua biasa. Harganya Rp 185.000 untuk Teflon, sedangkan Rp 120.000 untuk model biasa.

“Penggunaanya kalau musim hujan seperti sekarang ini setiap satu minggu sekali saja,” kata Ronald lagi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa