Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Rantai Berkarat di Musim Hujan

Stanly Ravel - Selasa, 17 November 2015 | 07:01 WIB

Jakarta, Otomania - Meski beda fungsi dan spesifikasi, tapi jenis sepeda motor bebek dan sport memiliki kesamaan di beberapa komponen. Kesamaan ini pun menjadikan sistem perawatannya tidak jauh berbeda, terlebih di musim hujan seperti saat ini.

"Bebek dan jenis motor sport atau motor laki sama saja dalam hal perawatan di musim hujan. Hal pertama yang wajib mereka perhatikan adalah komponen pengeraknya, yaitu rantai," kata Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Jawa Barat, kepada Otomania, Senin (16/11/2015).

Menurut Ade, di musim hujan kecendrungan rantai menjadi karat lebih besar dibandingkan musim biasa. Apalagi rata-rata orang masih kurang memperhatikan kondisi rantai, seperti jarang melumasi atau mengukur jarak rantai yang ideal.

"Kebanyakan orang kalau tidak bermasalah tidak akan peduli dengan kondisi rantai, padahal rantai perlu pelumas yang rutin apalagi saat motor sering digunakan dalam kondisi hujan," ujar Ade.

Rantai yang sering terkena hujan selain bisa cepat terserang karat juga bisa membuat kondisinya cepat kering. Bila sudah seperti ini potensial untuk membuatnya putus atau tidak bekerja dengan baik.

Ban

Selain rantai, Ade juga mengingatkan bahwa kondisi ban motor juga wajib menjadi perhatian selama musim hujan. Bila sudah habis segera ganti karena bisa bahaya.

"Kondisi ban depan dan belakang pastikan masih baik karena ban depan berfungsi untuk membelah air ketika hujan atau melewati genangan air dan ban belakang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin serta mencengkram jalan dengan baik walaupun kondisi basah," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa