Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Karpet Dasar, Bikin Kabin Lebih Nyaman

Stanly Ravel - Minggu, 17 Juli 2016 | 08:53 WIB

Jakarta, Otomania - Kebersihan kabin jadi salah satu faktor kenyamanan saat berkendara. Selain filter AC (air conditioner), karpet dasar yang berfungsi sebagai alas juga wajib diperhatikan kondisinya.

Menurut Budi Doli dari ACE Indonesia, karpet dasar mobil paling tidak dibersihkan satu bulan sekali, langkah ini dilakukan untuk menghindarai penumpukan kotoran.

"Satu bulan itu sebenarnya maksimal, bayangkan bila mobil sering digunakan pasti lebih cepat kotor meski tidak kelihatan secara visual. Setiap kali kita masuk (kabin) pasti membawa debu dan kotoran yang lama-kelamaan akan menempuk," ucap Budi kepada Otomania, Senin (4/7/2016).

Selain bisa mengandalkan jasa tukang cuci mobil, bila memiliki alat penyedot kotoran (vacuum cleaner) serta meluangkan waktu sejenak di akhir pekan pemilik mobil juga bisa membersikannya sendiri.


Proses pengerjaan diawali dengan melepas dan membersihkan karpet tambahan yang ada pada baris pertama dan kedua. Setelah alas dasar terlihat tinggal dilanjutkan dengan proses pembersihan menggunakan vacuum cleaner.

Menurut Budi, proses pengerjaan baiknya dilakukan secara teliti dan di ruangan yang memiliki pencahayaan cukup agar bisa maksimal. Beberapa sektor yang wajib dibersihkan meliputi kolong jok, kolong dasbor, sudut-sudut kabin.


"Bagian tersebut biasanya jadi sarang penumpukan debu dan kotoran yang terbawa dari luar. Jangan lupa melihat ruang penyimpanan ban cadangan di bagasi belakang, meski jarang dibuka tapi biasanya ada debu yang masuk dari lubang udara," kata Budi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa