Scrambler Ducati Sixty2, Moge Ideal untuk Harian

Stanly Ravel - Selasa, 12 Juli 2016 | 14:21 WIB

Jakarta, Otomania - Scrambler Ducati Sixty2 datang dengan mesin terkecil di keluarganya. Meski demikian, motor asal Italia ini bisa dibilang sebagai salah satu moge entry level yang ideal digunakan harian.

Secara posisi duduk, dengan ukuran tinggi badan Otomania sebesar 176 cm ternyata cukup nyaman untuk menjangkau stang lebar yang memuat posisi badan tidak harus menunduk. Bahkan kedua kaki masih bisa menyentuh daratan, alias tidak 'jinjit'.


Kondisi ini tidak lepas dari desain Sixty2 yang dibuat dengan dimensi roda yang berbeda. Bagian depannya memiliki ukuran lebih besar, yakni 18 inci, sedangkan di belakang hanya 17 inci. Secara fungsi, tombol dibuat fleksibel yang mudah untuk dijangkau dan digunakan. Layaknya motor biasa, semuanya tersedia dalam rangkaian grip pada bagian kiri dan kanan.


Speedometer dikemas dalam bentuk klasik di sebelah kanan. Speedometer ini juga berperan sarana informasi kendaraan, mulai dari status aki, oli, informasi kecepatan serta jarak tempuh. Sayangnya tidak ada informasi mengenai ketersediaan bahan bakar, sehingga sebelum berkendara baiknya cek dulu kondisi tangkinya kalau tidak mau dorong motor di tengah perjalanan.

Nyaman

Mengajak Scrambler Ducati jalan-jalan dalam kota selam beberapa hari ternyata cukup nyaman. Meski posisi sedikit besar, tapi ketika dihadapkan dengan kemacetan ringan tergolong enak untuk menyalip, apalagi posisi kemudi yang tidak dibuat kaku.


Dukungan suspensi belakang yang mengunakan sok adjustable Kayaba cukup nyaman meredam benturan. Bahkan mampu memberikan handling yang stabil ketika melibas di tikungan.

Meski hanya dimodali mesin berkapasitas 400 cc, tapi soal tenaga tidak kalah galak. Dari data mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 41 tk, sedangkan torsinya sebesar 34,6 Nm.

Sejak dari putaran bawah tenaganya sudah terbentuk yang membuat karakternya agresif ditiap bukaan gas, sayang selama pegetesan Otomania tidak menemui ruang kosong yang cukup untuk membejek habis merasakan sensasi putaran atasnya.


Meski mesin kecil tapi tetap mengeluarkan hawa panas yang terasa pada bagian paha. Tapi untungnya tidak begitu menyengat seperti moge besar lainnya, karena itu Otomania menilai Scrambler Ducati Sixty2 yang dipasarkan dengan harga Rp 219,9 juta ini masih nyaman digunakan harian untuk sebuah moge.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa