Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Oli Mobil Khusus Biodiesel dari Pertamina

Stanly Ravel - Selasa, 28 Juni 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania -  PT Pertamina Lubricants memperkenalkan inovasi terbarunya untuk pelumas diesel, Meditran SX Bio. Oli khusus mesin diesel ini diperuntukan untuk mobil pengguna bahan bakar biodiesel di Indonesia.

Syafanir Sayuti, Vice President Marketing Retail PT Pertamina Lubricant mengatakan bahwa sebenarnya oli ini sudah dipasarkan sejak akhir tahun lalu.

"Meditran SX Bio sebanrnya bukan produk terbaru. Kami sudah pasarkan sejak Desember 2015 lalu, tapi saat ini kami baru kenalkan kepada media," ujar Syafanir dalam acara buka puasa bersama media di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Meditran SX Bio, memiliki dua pilihan performa level yakni, API CH4 dan API CI4. Produk ini disiapkan untuk kendaraan diesel baik mobil penumpang atau kendaraan komersial serta mesin industri khsusunya pengguna bahan bakar biodiesel.

"Untuk produk kami memang sudah didesain untuk B20 tapi dalam pengembangan produksinya bisa digunakan sampai bahan bakar B50. Kami sudah uji selama dua tahun sebelum akhirnya di pasarkan, bahkan bukan masalah formulasi saja tapi sampai engine test dengan simulasi kontaminasi biodisel ke dalam pelumas yang bisa berdampak parah untuk mesin," ucap Mia Khrishna Anggraini, Coordinator Product Development Specialist di waktu yang sama.

Menurutnya, Meditran SX Bio memberikan performa yang unggul dibandingkan dengan pelumas biasa dalam kemampuannya untuk melindungi mesin saat terjadi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas. Kontaminasi ini umum terjadi akibat adanya blow by gas hasil pembakaran, adanya fraksi FAME, yang tidak terbakar atau akibat fuel injector yang bocor.

Khusus pengguna Biosolar dan Dexlite, Mia menyarankan untuk mengkonsumsi bahan bakar Meditran SX Bio yang memang sudah diformulasi secara khusus. Untuk harga, Pertamina memasarkannya sebesar Rp 53.000 per liter, atau Rp 208.000 per empat liter.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa