Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ruas Tol Baru Berpotensi Macet Saat Mudik

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 28 Juni 2016 | 08:25 WIB

Surabaya, Otomania – Guna menyambut musim mudik Lebaran yang akan berlangsung beberapa saat lagi, beberapa ruas tol yang masuk dalam rancangan tol Trans Jawa terus dilakukan.

Otomania bersama tim Merapah Trans Jawa, melakukan peninjauan kesiapan pada beberapa ruas tol. Hasilnya ada beberapa ruas tol yang masih dalam tahap pengerjaan, dan akan difungsikan sementara untuk membantu kelancaran arus mudik di beberapa titik.

Beberapa ruas tol tersebut adalah Pejagan hingga Brebes Timur, ruas tol alternatif Bawen hingga Salatiga yang menjadi bagian tol Semarang Solo, dan ruas tol alternatif Solo-Ngawi.

Dari pengamatan, beberapa ruas tol ini memiliki akses masuk dan keluar yang cukup sempit yang kemungkinan akan menyebabkan penumpukan di jalur keluar tol.

Salah satunya adalah jalur keluar tol Brebes Timur, selepas gerbang tol para pemudik akan menghadapi pertigaan jalur Pantura antara Brebes dan Tegal. Pengaturan rambu lalu lintas pada pertigaan ini diperlukan saat puncak arus mudik nanti.

Hal yang sama juga terdapat di pintu keluar ruas tol alternatif Bawen Salatiga dan Solo-Ngawi. Keduanya keluar di jalan yang belum mengalami pelebaran untuk menampung arus mudik nanti. Posisi jalur keluar ruas tol Bawen Salatiga berada di belakang Terminal Tingkir sedangkan jalur keluar ruas tol Solo-Ngawi berada di daerah jalur ring road Sragen menuju Ngawi.

Kesiapan fisik diperlukan pengemudi saat melintasi ruas-ruas tol ini agar tetap fokus pada keselamatan diri dan penumpang kendaraan. Jangan memaksakan diri saat lelah dan jangan ragu untuk menepikan kendaraan guna menghilangkan lelah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa