Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini Sebelum Kirim Motor ke Kampung Halaman

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 24 Juni 2016 | 13:35 WIB

Jakarta, Otomania -  Bagi pemilik sepeda motor yang ingin menggunakan sepeda motornya saat libur Lebaran di kampung halaman, jasa pengiriman eskpedisi jadi pilihan. Selain aman dengan menghindari mengendarai motor di jalan, jasa pengiriman juga memudahkan pemilik kendaraan mendapatkan moda transportasi di daerah.

Ada yang perlu diperhatikan oleh pemilik terutama jika jasa pengiriman yang dipilih tidak biasa mengirimkan sepeda motor. Detail pengepakan untuk melindungi sepeda motor dari kemungkinan kerusakan di perjalanan harus melindungi area-area yang riskan rusak.

“Biasanya bukan cara packing yang salah tapi kurang detil memasang karton untuk melindungi sepeda motor. Paling benar adalah melapisi seluruh bagian sepeda motor, hingga detil, dengan karton tebal dan dipasang dengan mengikat tali,” ucap Karta staff paking sepeda motor KALOG Express Manggarai saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Bagian yang menjadi perhatian adalah bodi kendaraan serta spakbor depan belakang yang riskan terbentur saat proses pengiriman. Aksesori seperti spion serta helm biasanya dicopot dan dipisahkan tersendiri. Proses pemasangan karton ini biasanya memakan waktu 10 menit.

“Paling aman lagi dengan tambahan bubble wrap meski biaya packing bertambah. Biasa yang mengirim sepeda motor baru pakai tambahan bubble wrap ini. Tambahan ini membuat kemungkinan lecet pada sepeda motor jauh berkurang,” ungkap Karta.

Selain itu pemilik sepeda motor juga harus memahami bahwa sebelum sepeda motor dikirim, tangki bahan bakar harus dikosongkan dengan menyisakan sedikit bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk keamanan selama pengiriman. Kondisi dalam ruang kargo yang panas dan bergoyang membuat kemungkinan bahan bakar menguap dan menimbulkan kebakaran.

“Tapi nanti di tempat pengambilan biasanya sudah ada sisa bensin dari konsumen yang mengirimkan sepeda motor dari sana yang dapat digunakan. Setelah itu bisa untuk menghidupkan mesin dan membawa sepeda motor ke SPBU terdekat,” ucap Karta.

Meski jasa pengiriman sepeda motor menyertakan asuransi perlindungan untuk pengiriman barang, namun dengan memperhatikan proses paking yang benar akan menghindarkan sepeda motor dari kerusakan. Sepeda motor akhirnya dapat digunakan di kampung halaman tanpa kerusakan apapun.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa