Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Pilih Jasa Pengiriman Sepeda Motor untuk Mudik

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 23 Juni 2016 | 13:45 WIB

Jakarta, Otomania – Selama masa menyambut Lebaran seperti saat ini, kebutuhan untuk mengirimkan sepeda motor ke kampung halaman semakin ramai. Namun perlu diperhatikan untuk memilih penyedia jasa pengiriman yang terpercaya.

“Saat ini banyak jasa pengiriman yang kerap mengaku afiliasi jasa pengiriman besar. Ini sebaiknya dihindari oleh calon konsumen karena sepeda motor saat diserahkan biasanya juga akan menyertakan STNK asli. Pemilihan jasa pengiriman yang terpercaya membantu sepeda motor sampai di kampung halaman dengan baik,” ungkap Winda Rahayu, Kepala Marketing Dakota Cargo, saat ditemui Otomania, Rabu (22/6/2016).

Menurut Winda, calon konsumen sudah dapat mencari tahu jasa pengiriman sepeda motor terpercaya melalui beragam cara. Salah satunya melalui halaman dunia maya dan melihat testimoni dari para pengguna jasa pengiriman tersebut.

Selain itu, ketika sudah memutuskan akan menggunakan jasa tersebut, pastikan untuk mendatangi kantor pusat atau kantor perwakilan resmi. Hal ini dapat diketahui melalui halaman situs resmi jasa pengiriman yang biasanya menyertakan informasi alamat lengkap kantor perwakilan resmi mereka.

“Usahakan menyambangi kantor perwakilan atau bahkan kantor pusat jasa pengiriman agar ditangani sesuai prosedur standar serta terpercaya untuk menyerahkan sepeda motor berserta dokumen resminya,” ucap Winda.

Selain itu, konsumen juga harus memastikan mendapatkan resi dengan output print komputer yang terintegrasi dalam sistem pengiriman pemilik jasa. Salah satu kelebihannya adalah resi ini menjadi bukti resmi serta menjadi dokumen untuk melacak keberadaan sepeda motor milik konsumen.

“Pastikan sistem resi sudah terkomputerisasi. Ini bukti bahwa manajemen pengiriman dilakukan secara modern. Resi ini dapat digunakan juga untuk melacak keberadaan barang,” ungka Andhika, staff KALOG Express Manggarai saat ditemui di waktu yang sama.

Andhika menambahkan, pemilihan jasa pengiriman sepeda motor juga melihat bentuk tanggung jawab jika nanti saat proses pengiriman ada kerusakan pada sepeda motor. Perhatikan apakah ada detil yang jelas mengenai proses penggantian serta seberapa besar perlindungan tersebut.

Jika pengiriman menggunakan jasa kereta api, pastikan pengusaha jasa pengiriman tersebut telah menyewa gerbong kargo dari PT KAI. Jika pihak penyedia jasa belum menyewa gerbong kargo itu artinya sang penyedia jasa menjadi pihak ketiga karena nantinya ia akan menyewa kembali dari penyedia jasa pengiriman yang telah menyewa gerbong. Ini berakibat harga pengiriman sepeda motor menjadi lebih mahal.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa