Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Merek Helm yang Paling Diincar Maling

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 21 Juni 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania – Pasar helm bekas di kaki lima memang menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan pelindung wajib pengendara sepeda motor. Contohnya adalah sentra penjualan helm di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Beragam pedagang helm kaki lima terlihat menjajakan dagangannya tepat di pinggir jalan.

Diakui salah satu pedagang,  cara ia mendapatkan stok barang helm bekas pakai adalah melalui barang yang ditawarkan oleh komplotan pencuri helm. Menurutnya sentra penjualan helm bekas seperti di kawasan Jatinegara jadi tempat yang dituju pelaku pencurian setelah melakukan aksinya.

“Memang kerap datang menawarkan barang. Tidak setiap hari datang, namun sering. Kadang satu buah kadang beberapa. Saya terima karena kondisinya cukup baik, tinggal diperbaiki. Ada pasarnya,” ungkap salah satu pedagang di kawasan Jatinegara, sebut saja T, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Lantas helm seperti apa yang kerap ditawarkan? T mengungkapkan, helm-helm yang diambil mengikuti permintaan pasar. Terkadang helm fullface terkadang halfface. Utamanya dari merek-merek populer seperti KYT, INK, NHK, MDS, Zeus dan sebagainya.

“Biasanya mereka (pemasok, pencuri helm), tahu merek-merek yang sedang banyak di pasaran, yang diinginkan oleh pengguna. Merek paling banyak KYT, NHK, INK, MDS, seperti pasar helm baru saja,” ungkap T.

Setelah ia menerima helm bekas tersebut, ia akan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam helm bekas tersebut. T akan memoles helm bekas tersebut agar nampak dalam kondisi 80 persen apik. Termasuk perbaikan tali pengaman yang biasanya terputus.

“Harganya dibanderol mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 450 ribu. Tentu bisa ditawar sesuai kesepakatan,” ujar T.

Helm bekas dengan hasil kriminal ini ada karena memang permintaan helm bekas pakai terus muncul dari masyarakat. Sebaiknya sebelum memutuskan membeli helm bekas pakai calon konsumen mempertimbangkan baik dan buruknya keputusan menggunakan helm bekas ini. Keputusan tetap berada di tangan calon konsumen.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa