Helm Arai Edisi Khusus Balapan Paling Mengerikan di Dunia

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 9 Juni 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania — Pada akhir Mei lalu, produsen helm terkemuka asal negeri Sakura, Arai, resmi memperkenalkan helm balap kejuaraan Isle of Man Tourist Trophy 2016 (IOM TTedisi terbatas. Isle IOM TT adalah balapan paling mengerikan di dunia, karena diadakan di jalan raya di pulau Irlandia, Isle of Man.

Helm yang diberi nama RX-7V atau RX-7X (untuk pasar Asia) IOM TT tersebut pada awalnya hanya dijual di sela-sela latihan bebas IOM TT 2016 yang diselenggarakan Sabtu (28/5/2016) lalu. Namun kali ini, Cargloss Proriders sebagai satu-satunya distributor resmi helm Arai di Tanah Air dengan bangga mempersembahkan RX-7X IOM TT  2016  kepada para konsumen setia Arai.

Helm ini diproduksi menggunakan teknologi variable axis system (VAS) yang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. VAS sendiri merupakan sistem kerja pada mekanis visor yang diciptakan untuk mempermudah pengguna membuka dan memasang kembali visor.

Selain itu, sistem pada mekanis ini juga dirancang mendekati bentuk sebuah helm yang ideal, karena mekanis dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya. Bentuknya yang telah disesuaikan itu juga berfungsi untuk memperluas area luncur pada bagian helm.

Dengan diproduksi secara terbatas, maka RX-7X IOM TT akan menawarkan rasa elegan, sporty, serta memberikan kebanggaan tersendiri bagi para penggunannya. 

“Masuknya RX-7X IOM TT 2016 menandakan bahwa Arai memiliki konsumen yang loyal di Tanah Air. Dan hal tersebut juga menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia semakin mengedepankan kualitas serta memperhatikan dengan sungguh tingkat keamanan dan kenyamanan dalam berkendara lewat berbagai produk otomotif yang digunakan oleh mereka,” ucap Direktur Cargloss Proriders, Frans Hengky.

Sebagai Official Isle Of Man TT Helmet Partner yang diberikan IOM TT, maka hanya Arai sebagai produsen helm yang memperoleh izin untuk menampilkan logo kenamaan berbentuk kaki tiga (Triskelion) yang menjadi ciri khas Pulau Man sekaligus IOM TT. 

Arai IOM TT 2016 dirancang oleh desainer papan atas asal Italia, Aldo Drudi. Helm yang dibanderol seharga Rp 10,5 juta ini didominasi oleh warna hitam, putih, serta merah dengan tulisan “TT” besar di bagian sampingnya. Selain itu, helm IOM TT 2016 masih mempertahankan penggunaan kata “Ellan Vannin” dari Bahasa Manx yang telah digunakan oleh Aldo dalam setiap desain helm IOM TT versi sebelumnya.

IOM TT sendiri merupakan ajang kejuaraan otomotif paling berbahaya di dunia. Karena statusnya yang berbahaya, tak jarang IOM TT seringkali memakan korban jiwa. Event legendaris ini telah memasuki tahun yang ke-109 sejak diselenggarakan pertama kali pada 1907. Sesuai dengan namanya, perlombaan ini secara turun temurun digelar di Isle of Man atau Pulau Man yang terletak di Laut Irlandia.

Adapun beberapa pebalap kelas dunia yang terjun di ajang IOM TT dengan menggunakan helm Arai di antaranya: Ian Hutchinson, Bruce Anstey, Keith Amor, Gary Johnson, Davy Morgan, serta kakak beradik Michael dan William Dunlop.

Untuk tahun ini sendiri, IOM TT diselenggarakan sejak 28 Mei lalu hingga 10 Juni mendatang. Di hari pertama hingga 3 Juni, para pebalap mengikuti sesi latihan bebas dan kualifikasi, sementara perlombaannya sendiri telah berlangsung sejak 4 Juni hingga 10 Juni mendatang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa