Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Beli Helm Impor Seken? Cek Ini Dulu...

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 12 Mei 2016 | 14:38 WIB

Jakarta, Otomania – Ingin memiliki helm impian seperti pebalap pujaan namun kurang dana? Alternatif helm impor bekas bisa jadi solusinya.

Meski bekas, harga helm impor bermerek tetap terbilang mahal. Oleh sebab itu ada yang perlu diperhatikan sebelum bertransaksi membeli perangkat keselamatan ini.

Yudha Wardhana dari Motonesia, toko penyedia helm impor bermerek, mengungkapkan memilih helm seken hampir sama dengan memilih helm baru. Ada beberapa yang perlu diperhatikan.

Umumnya cek kondisi luar helm tersebut. Lihat dengan seksama apakah ada bekas goresan atau kerusakan di sekeliling helm. Kondisi fisik helm impor seken yang baik tentu jadi tambahan nilai bagi pembeli berikutnya.

“Utamanya cek dengan cermat bagian luar helm. Kalau ada bekas kerusakan seperti lecet atau bekas terjatuh, biasanya harganya akan terpotong hingga Rp 1 jutaan,” ungkap Yudha.

Termasuk jika menemukan bekas perbaikan. Helm bermerek rata-rata memiliki cat motif yang khas. Jika rusak dan diperbaiki tentu akan terlihat.

Busa

Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan busa. Helm yang masih dalam kondisi baik memiliki busa yang tidak kempes dan tetap nyaman digunakan.

Copot busa dari helm untuk memeriksa dengan seksama kondisi bagian dalam. Sentuh perlahan busa untuk melihat kualitas bahan permukaan. Lalu remas untuk melihat kondisi busa helm.

“Yang terpenting coba pakai helm tersebut. Sudahkah pas dengan kepala kita karena helm merupakan bagian penting selama berkendara. Jika tidak nyaman maka akan berbahaya. Beda jika helm tidak akan dipakai atau hanya jadi pajangan,” ucap Yudha.

Terakhir periksa kelengkapan dari helm impor tersebut. Biasanya helm impor bermerek akan menyertakan buku petunjuk, suku cadang, kunci-kunci, dan tas saat pembelian pertama. Jika seluruh bagian ini masih disimpan oleh pemilik lama termasuk kardusnya, tentu hal ini lebih baik.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa